Syakhsiah di Dahulukan Pencapaian di Utamakan

Syakhsiah di Dahulukan Pencapaian di Utamakan

Rabu, 5 Oktober 2011

ANAK NAKAL



FAKTOR-FAKTOR LAIN:


1. Pengaruh Didikan Buruk Dua Orang Tua

Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ أَوْ يُنَصِّرَانِهِ أَوْ يُمَجِّسَانِهِ
"Semua bayi (manusia) dilahirkan di atas fithrah (kecenderungan menerima kebenaran Islam dan tauhid), maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya (beragama) Yahudi, Nashrani atau Majusi".

Hadits ini menunjukkan bahwa semua manusia yang dilahirkan di dunia hatinya cenderung kepada Islam dan tauhid, sehingga kalau dibiarkan dan tidak dipengaruhi (oleh pemikiran sesat) maka nantinya dia akan menerima kebenaran Islam. Akan tetapi, kedua orang tuanyalah yang memberikan pengaruh buruk, bahkan menanamkan kekafiran dan kesyirikan kepadanya.

Syaikh Bakr Abu Zaid رحمه الله berkata: "Hadits yang agung ini menjelaskan sejauh mana pengaruh kedua orang tua pada (pendidikan) anaknya, dan (pengaruh mereka dalam) merubah anak tersebut menuju kekufuran dan kefasikan...

(Di antara contoh pengaruh buruk tersebut adalah) jika seorang ibu tidak memakai hijab (pakaian yang menutup aurat), tidak menjaga kehormatan dirinya, sering keluar rumah (tanpa ada alasan yang dibenarkan agama), suka berdandan dengan menampakkan (kecantikannya di luar rumah), senang bergaul dengan kaum lelaki yang bukan mahramnya, dan lain sebagainya, maka ini (secara tidak langsung) merupakan pendidikan (yang berupa) praktek (nyata) bagi anaknya, untuk (mengarahkannya kepada) penyimpangan (akhlak) dan memalingkannya dari pendidikan baik yang membuahkan hasil yang terpuji, berupa (kesadaran untuk) memakai hijab (pakaian yang menutup aurat), menjaga kehormatan dan kesucian diri, serta (memiliki) rasa malu, inilah yang dinamakan dengan 'penanaman pendidikan pada fitrah (manusia)"

Tiada ulasan:

Catat Ulasan