Syakhsiah di Dahulukan Pencapaian di Utamakan

Syakhsiah di Dahulukan Pencapaian di Utamakan

Rabu, 5 Oktober 2011

Anak Nakal



SEBAB-SEBAB KENAKALAN ANAK 

Termasuk sebab utama yang menjadi punca  penyimpangan akhlak pada anak, bahkan pada semua manusia secara umum adalah godaan setan yang telah bersumpah di hadapan Allah سبحانه و تعالي untuk menyesatkan manusia dari jalan-Nya yang lurus.

Dalam usahanya untuk menyesatkan manusia dari jalan yang benar, setan berusaha menanamkan benih-benih kesesatan pada diri manusia sejak pertama kali mereka dilahirkan ke dunia ini, untuk, memudahkan usahanya selanjutnya setelah manusia itu dewasa.

Dalam sebuah hadits qudsi, Allah سبحانه و تعالي berfirman:      
وَإِنِّي خَلَقْتُ عِبَادِي حُنَفَاءَ كُلَّهُمْ وَإِنَّهُمْ أَتَتْهُمْ الشَّيَاطِينُ فَاجْتَالَتْهُمْ عَنْ دِينِهِمْ
“..dan sesungguhnya Aku menciptakan hamba-hamba-Ku semuanya dalam keadaan hanif (suci dan cenderung kepada kebenaran), kemudian setan mendatangi mereka dan memalingkan mereka dari agama mereka (Islam).” 

Dalam hadits shahih lainnya, Rasulullah صلي الله عليه وسلم bersabda:
"Tangisan seorang bayi ketika (baru) dilahirkan adalah tusukan (sentuhan untuk menyesatkan) dari setan".

Perhatikanlah hadits yang agung ini, bagaimana setan berupaya keras untuk menyesatkan manusia sejak mereka dilahirkan ke dunia, padahal bayi yang baru lahir belum mengenal nafsu, pesona dunia dan godaan-godaan duniawi lainnya, maka bagaimana keadaannya kalau dia telah dewasa dan mengenal semua godaan tersebut? 

Di samping sebab utama di atas, ada faktor-faktor lain yang   mempengaruhi penyimpangan akhlak pada anak, berdasarkan keterangan dari ayat-ayat al-Qur'an dan hadits-hadits Rasulullah  :


                                                                                                                            seterusnya........



Tiada ulasan:

Catat Ulasan